Saturday, July 2, 2011

Memandang Dunia

Sebagai bayi, Jonathan takjub dengan hampir semua hal di dunia ini, semua benda, semua suara.  Semua ingin dia lihat, ingin dia kejar, ingin dia jilat, ingin dia baui. Dia tidak bosan beberapa puluh menit memperhatikan label bantal, atau melihat mainan yang diputar-putar papanya di depannya. Ketika dibelikan mainan baru, dia kadang lebih tertarik pada plastiknya, karena bunyi kresek-kresek ketika dipegang, dan terus mengejar plastiknya sampai puluhan menit kemudian.

Sebagai seorang ayah, waktu melihat curiosity Jonathan, saya jadi ingin belajar mengasah curiosity saya juga. Kadang-kadang ada hal menarik yang tadinya nggak saya perhatikan. MIsalnya ternyata di maninan jonathan ini, tidak semua bola-bola kecil akan jatuh ke bawah.

IMG_1827

Kadang setelah digosokkan ke kain, sebagian bola akan terus menempel ke atas. Saya menduga ini karena listrik statik.

IMG_1828

Ada juga teether Jonathan yang berisi air, dan Jonathan senang sekali mendengar bunyinya. Ternyata sebagian bayi memang suka bunyi air, dengan teori bahwa suara ini yang dia dengar waktu masih dalam kandungan.

Bayi juga bisa tertawa jika mendengar suara tertentu. Saya bereksperimen dengan berbagai kombinasi vokal dan konsonan, dan yang sering membuat dia tertawa adalah yang mengandung huruf k,p,w dan I, misalnya kipi kipi, atau kiwi wiki, atau kombinasi itu.

Lain waktu akan ditambah cerita mengenai curiosity  dan kelucuan-kelucuan Jonathan yang lain.

No comments:

Post a Comment